VI

PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI

 

 

Prosedur Permohonan Informasi di SMKN 6 Bandung

Pemohon Informasi Publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik sebagaimana diatur dalam UU KIP.

Pengguna Informasi Publik adalah orang yang menggunakan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang KIP.

Kewajiban Pengguna Informasi Publik:

  1. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
  2. Pengguna Informasi Publik wajib mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan dengan ketentuan perundang-undangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar permohonan Informasi Publik dapat dilakukan dengan baik:

  1. Pastikan anda mengisi dengan benar formulir permohonan informasi yang disediakan oleh SMKN 6 Bandung.(Link Download di bawah);
  2. Pastikan menulis dengan benar, jelas, dan rinci informasi yang akan diminta. Sehingga memudahkan PPID SMKN 6 Bandung untuk mencari dan menyediakannya;
  3. Pastikan surat permohonan informasi ditujukan kepada PPID;
  4. Pastikan anda menerima tanda bukti penerimaan dari PPID SMKN 6 Bandung atas surat permohonan anda;
  5. Apabila surat permohonan dikirimkan melalui pos, maka pastikan anda memiliki surat tanda bukti tercatat yang menerangkan bahwa surat anda telah diterima oleh PPID SMKN 6 Bandung;
  6. Pastikan mencatat tanggal terima surat permohonan anda oleh PPID SMKN 6 Bandung untuk memudahkan menghitung jangka waktu 10 hari kerja bagi PPID SMKN 6 Bandung dalam menanggapi permohonan anda;
  7. Apabila PPID SMKN 6 Bandung memberikan tanggapan atas permohonan informasi anda, maka terdapat dua bentuk tanggapan:
    • Surat pemberitahuan yang berisi menerima permohonan anda (baik seluruhnya atau sebagian);
    • Surat Keputusan PPID tentang penolakan permohonan apabila informasi yang anda mohon dianggap sebagai informasi yang dikecualikan.
  8. Apabila PPID SMKN 6 Bandung memberikan pemberitahuan tertulis untuk memperpanjang waktu penyediaan dan pemberian informasi, maka 7 hari kerja terhitung sejak diberikannya surat pemberitahuan tersebut, PPID SMKN 6 Bandung akan menyediakan dan memberikan informasi yang anda minta. Apabila informasi tidak diberikan setelah perpanjangan 7 hari kerja berarti PPID SMKN 6 Bandung telah melanggar ketentuan jangka waktu.
  9. Apabila ada ketidakpuasan layanan informasi sebagai berikut:
    • Ditolak karena alasan informasi dikecualikan;
    • Tidak disediakan informasi berkala;
    • Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
    • Permohonan informasi ditanggapi tidak sebagaimana diminta;
    • Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
    • Biaya yang tidak wajar; dan
    • Penyampaian Informasi melebihi waktu yang diatur
  10. Keberatan yang anda ajukan tersebut akan ditanggapi secara tertulis oleh atasan PPID dalam 30 hari kerja sejak keberatan anda diterima oleh PPID SMKN 6 Bandung;
  11. Apabila tanggapan atas keberatan anda dikabulkan oleh atasan PPID SMKN 6 Bandung melalui surat tanggapan, pastikan PPID SMKN 6 Bandung memberikan informasi yang anda minta atau PPID melaksanakan surat tanggapan tersebut;

Apabila tanggapan atas keberatan anda tidak dikabulkan oleh atasan PPID atau tidak ditanggapi, anda dapat mengajukan permohonan sengketa informasi kepada Komisi Informasi Pusat yang berwenang;

Silahkan download Formulir Permohonan Informasi pada link di bawah ini!

https://smkn6bandung.sch.id/wp-content/uploads/2020/05/FORMULIR-PERMOHONAN-INFORMASI-PPID.pdf